Minggu, 23 Desember 2012

makanan khas kulon progo

1. Peyek undur-undur

Peyek undur-undur dapat dijumpai di kawasan pesisir pantai. Dari namanya, bahan utama peyek ini adalah undur-undur laut. Peyek undur-undur laut ini dibuat dari beberapa bahan seperti tepung beras, tepung kanji,kuah santan,bawang putih,kemiri,tumbar,garam, kencur dan daun jeruk. Daun jeruk berfungsi sebagai penghilang bau amis pada undur-undur. Makanan khas pesisir pantai ini berkhasiat menjaga kesehatan, menurunkan gula darah sekaligus mampu mengobati beberapa penyakit seperti diabetes meilitus dan stroke. 
2.  Geblek Kulon Progo

Geblek merupakan makanan kecil khas dari kabupaten Kulon Progo. Bahan baku dari Geblek berasal dari tepung tapioka atau tepung kanji. Hanya saja tepung tapioka yang digunakan untuk membuat Geblek adalah tepung tapioka yang basah.  
3. Growol  

  
Growol merupakan makanan tradisional dari ketela yang memiliki rasa. Pembuatan growol membutuhkan waktu empat hari, yaitu sejak proses merendam ketela yang telah dikupas dan diiris kecil-kecil ke dalam air, kemudian ditiriskan serta dihancurkan, sebelum akhirnya dikukus. Growol bermanfaat untuk mencegah kegemukan serta menyembuhkan penyakit maag dan penyakit gula. Growol juga digunakan sebagian warga yang tengah menjalani diet. Pada zaman dulu, growol dimakan petani sebagai pengganti nasi saat mereka memanen padi di sawah atau saat musim paceklik (krisis pangan). 
4. Tempe Benguk 

Bahan dasar tempe benguk dari tanaman koro / bengok. Tempe benguk memiliki rasa yang cukup enak dan rasa yang cukup gurih yang khas, sehingga dipopulerkan secara nasional sebagai pendamping tempe kedelai. Selain itu bijinya mengandung gizi yang sangat tinggi.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar